Source https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/750×500/photo/2020/08/16/1842986446.jpg

Hay Gesmania ? sudah pada dengar belum kalau BI (Bank Indonesia) mengeluarkan uang baru dengan nominal Rp. 75000 ?  Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, mengatakan penerbitan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) Rp 75.000 tidak ada hubungannya dengan rencana redenominasi mata uang rupiah. Penulisan angka 75 yang lebih besar hanya ingin menonjolkan peringatan HUT RI ke-75 saja.

Apa itu redenominasi ? Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya. Wacana yang beredar, redenominasi rupiah akan menghilangkan 3 nol dalam nominal mata uang saat ini. Artinya, apabila uang Rp1.000 akan menjadi Rp1.

“Angka nol yang lebih kecil itu bukan dalam rangka redenominasi, itu lain ceritanya,” kata Rosmaya dalam Taklimat Media, Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (18/8).

Penerbitan UPK Rp 75.000 dibuat dalam rangka menyambut kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun. Sementara redenominasi memiliki tujuan yang berbeda, yakni untuk efisiensi tulisan dalam digit yang lebih sederhana. Pelaksanaan redenominasi juga harus mempertimbangkan banyak hal. Kebijakan itu akan dilakukan saat situasi perekonomian dan kondisi yang dianggap pas.

“Redenominasi akan kita berlakukan pada saat perekonomian dan kondisi yang pas,” kata dia.

Apalagi, tim yang membahas rencana redenominasi berbeda dengan tim yang baru saja mengeluarkan uang khusus ini. Dia menegaskan tim yang mengeluarkan UPK dalam metode tukar uang.

“Itu beda tim dan ada¬†step-step-nya lagi dan ini beda soal karena ini kita dalam metode tukar¬†uang,” kata Rosmaya mengakhiri.

sumber :https://www.liputan6.com/bisnis/read/4333639/bi-uang-baru-rp-75000-ribu-tak-ada-hubungan-dengan-redenominasi?medium=Headline&campaign=Headline_click_1 https://id.wikipedia.org/wiki/Redenominasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *