Source: https://smol.id/wp-content/uploads/2020/06/jumat-mubarak_20180111_165113.jpg

Hay gesmania ?  sudah pada tau belum keistimewaan dari Hari Jum’at ? Jumat disebut sebagai hari Sayyidul ayyam atau hari yang lebih utama dibanding hari-hari lainnya. Yuk simak apa saja keistimewaan hari jumat.

  •  Hari terbaik

Dalam hadits Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR Muslim).

  • Waktu Mustajab untuk berdoa

Sesuai dengan hadits oleh Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu,” (HR. Muttafaqu Alaih).

  • Pahala senilai qurban

Abu Hurairah mengabarkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat seperti mandi janabah lalu segera pergi ke masjid pada jam yang pertama maka seakan-akan berkurban dengan unta yang gemuk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang kedua, maka seakan-akan ia berkurban dengan sapi betina, dan barangsiapa pergi pada jam yang ketiga, maka seakan-akan ia berkurban dengan domba yang bertanduk, dan barangsiapa yang pergi pada jam yang keempat seakan-akan ia berkurban dengan seekor ayam, dan barangsiapa yang pergi pada jam kelima, maka seakan-akan ia berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam telah keluar (untuk berkhutbah), maka para Malaikat turut hadir sambil mendengarkan dzikir (nasihat/peringatan).”  (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Meninggal saat hari jumat dijauhkan dari fitnah kubur

Di antara keistimewaan hari Jumat adalah orang yang meninggal pada malam atau hari Jumat berpeluang besar memperoleh husnul khatimah (akhir kehidupan yang baik) dan dijauhkan dari fitnah kubur.

Dari Abdullah bin ‘Amr RA berkata, Rasulullah SAW, bersabda:

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya’la, dan Al-Baihaqi).

sumber: https://www.mihrabqolbi.com/artikel/read/umum/273/10-keistimewaan-hari-jumat-bagi-umat-islam.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *