Menengok kawasan Gladak #2

Oleh Arfa Reza pada 11:14 am
# tag:

Pasti kalau kamu ke kawasan gladak akan melihat pedagang wedang ronde di pinggir jalan. sambil nongkrong sambil ngronde. Wedang ronde merupakan salah satu minuman khas yang ada di kota Solo.

Wedang ini dapat menghangatkan badan yang disajikan dengan mangkuk. Isinya pun bervariasi, ada kacang tanah, kolang-kaling, ronde, roti dan lain-lain. Kemudian disiram dengan air jahe.

Wedang ronde dapat meningkatkan stamina dan merupakan minuman yang sangat cocok diminum saat musim dingin atau dapat dinikmati juga saat sore atau malam hari. Ronde berbentuk bulatan-bulatan kecil. Terbuat dari bahan tepung ketan, tepung kanji, garam, kapur sirih, air hangat, teng-teng kacang, kacang tanah panggang. Biasanya ronde diberi warna agar lebih menarik. Sementara untuk air jahe atau kuah jahenya yang biasa berwarna kecoklatan ini terdiri dari bahan seperti air, jahe, serai, daun pandan, gula pasir murni. untuk masalah harga juga tidak terlalu mahal. Jadi, kalau sedang dikawasan gladak jangan lupa unutk mencicipi wedang ronde yang pastinya menghangatkan badan kamu gengs.

sumber : wisatasolo.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *