Hallo gesmania

Kali ini mimin bakal kasih tips bagaimana supaya gesmania dapat belajar secara efektif dan bagaimana cara mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Meskipun saat ini lagi masa pandemi, tentu nggak akan menjadi hambatan ya gesmania buat kita tetap menjadi siswa yang tekun, rajin pastinya juga produktif. Sebelum memulai belajar alangkah lebih baiknya diawali dengan keadaan suci yaitu dengan cara berwudlu. Kemudian memilih tempat yang nyaman dan jangan lupa berdoa ya gesmania. Beriku tipsnya

1. Tentukan tujuan

Di saat kita belajar tentukan materi apa yang saat itu harus kita pelajari. Dengan kita mengetahui materi apa yang akan kita pelajari kita akan lebih mudah untuk memahami isinya.

2. Atur waktu kamu dengan tepat

Memilih waktu yang tepat merupakan salah satu cara di mana materi yang akan kita pelajari dapat mudah dimengerti. Nah, dalam islam memiliki beberapa waktu yang baik dalam memulai untuk belajar yaitu ketika sahur, kedua waktu pertengahan siang hari,  ketiga pagi hari dan keempat ketika waktu malam. Bisa banget ya gesmania waktu-waktu tersebut diterapkan pada pola belajar kita.

3. Ciptakan kebiasaan positif

Dalam belajar membiasakan hal positif dapat menjadikan kita menjadi lebih bahagia. Hal ini juga mampu meningkatkan semangat dalam belajar dan dapat mengilangkan cemas pada masa depan.

4. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Hayo siapa di sini yang masih suka menunda-nunda pekerjaan. Harus banget ya gesmania menunda-nunda pekerjaan ini dihilangkan. Karena hal ini jika secara rutin kita lakukan akan menyeret kita kepada kemalasan. Wah serem banget tuh kalo kita sudah terkena penyakit malas.

5. Pilihlah gaya belajar terbaik

Dalam belajar pastinya setiap individu memiliki model belajar yang berbeda-beda ya gesmania. Mungkin dari kalian ada yang suka model belajar di suatu ruangan yang sepi, atau memilih model belajar sambil ditemani music atau malah ikutan sambil bernyayi. Namun, perlu diketahui juga nih gesmania posisi terbaik dalam islam ketika belajar adalah memposisikan diri menghadap kiblat, memegang buku menggunakan tangan kanan dan jangan melipat buku ya gesmania. Karna penting juga tuh kita memuliakan buku. 

6. Jadilah Proaktif selalu

Menjadi pribadi yang proaktif akan menjadikan kita selalu disenangi dimanapun kita berada. Dikarenakan kita dilatih pada mental, kita dapat melakukan apapun sebelum disuruh. Lawan dari proaktif adalah rekatif atau seseorang yang menunggu perintah ketika akan melakukan sesuatu

7. Berkolaborasi dalam hal positif

Berkolaborasi dalam hal posotif ini sama juga dengan berdiskusi ya gesmania. Dengan berdiskusi menjadikan kita inovatif dan memiliki banyak solusi. Kehidupan tidak melulu persoalan persaingan ya gesmania berkolaborasi jauh lebih membuka wawasan kita dan menjadikan kita bijaksana.

8. Simpanlah pengetahuan yang kamu dapat

Nah maksud dari menyimpan pengetahuan ini adalah, di mana kita selalu mengingat-ingat materi apa yang telah kit abaca untuk itu baca saja nggak cukup ya gesmania namun juga harus dipahami

9. Istirahat yang cukup dan lakukan refreshing

Selain kita dianjurkan belajar secara efektif kita juga dianjurkan untuk beristirahat ya gesmania, karna merefresh otak ternyata dapat mempertajam pikiran dengan dan tidur yang berkualitas bisa meningkatkan memori dan kesehatan otak. Wah keren nih gesmania.

10. Membuat suatu karya

Dalam belajar kita tidak melulu melahap materi yang kita dapat, melainkan kita juga perlu meluangkan gagasan-gagasan kita dalam suatu karya. Baik itu tulisan, memperdalam hoby kalian ataupun pada bidang lainnya yang kalian minati.  

Nah itu tadi ya gesmania tips bagaimana kita supaya belajar secara efektif. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *